Tawaran untuk membeli mobil murah ada di mana-mana. Mulai dari ranah sosial media, radio, televisi, dan billboard di pinggir jalan. Salah satu tempat favorit untuk mendapatkan mobil dengan harga miring ada di Balai Lelang. Rata-rata mobil yang dijual merupakan hasil sitaan dari para koruptor. Biar dapat mobil sesuai keinginan, terapkan 5 cara ini.

  1. Pahami Sistem Beli Mobil Lelang

Sistem pembelian mobil via dealer dengan mobil hasil lelang tentu berbeda. Harga mobil yang ditawarkan memang rata-rata menggiurkan. Bahkan mobil sekelas Toyota Camry bisa didapatkan hanya dengan harga 30-an juta Rupiah. Maklum, pilihan mobilnya begitu melimpah. Dengan kata lain, sampai detik ini memang banyak pejabat yang korupsi.

Untuk mengikuti prosesi lelang, Anda harus mendaftar lebih dulu. Setelah itu, Anda dibolehkan menawar suatu mobil dengan harga tertinggi agar bisa menang. Kemudian, mobil bisa Anda ambil lewat IBID. Pastikan bawa modal yang cukup, ya. Kemudian pasang targetnya tak perlu muluk-muluk hanya karena kalah nilai tawar dari kandidat lain.

  1. Reputasi Penyelenggara Lelang Masih Nomor Satu

Sebelum mendaftar, pastikan dulu bahwa pilihan penyelenggara lelang mobil sudah teruji. Minimal sudah berjalan beberapa tahun tanpa ada konflik kepentingan apa pun. Untuk mengetahui sebaik apa reputasi penyelenggara, bisa simak informasi yang beredar di internet. Bisa pula Anda cek langsung via barang atau unit yang hendak dijual bebas.

Misalnya dengan mengecek dokumen kendaraan. Apakah sudah lengkap atau belum. Biarpun unit mobilnya sangat banyak dan variatif, kalau dokumennya kurang lengkap juga bisa bermasalah untuk jangka panjang. Soalnya mobil tersebut kan kelak akan Anda kendarai untuk waktu lama. Di jalan raya pula yang harus mematuhi aturan resmi lalu lintas umum.

  1. Cek Harga Pasaran Lebih Dahulu

Mobil murah yang dijual via Balai Lelang dipastikan dalam keadaan bekas atau second. Hanya saja, ada yang masih dalam kondisi prima. Ada pula yang sudah sakit-sakitan. Sebelum masuk ke balai, cek dulu harga mobil incaran Anda di pasaran. Saat ini sudah banyak tersedia media penampil harga mobil bekas ter-update via internet.

Jangan sampai gara-gara tertarik dengan desain suatu mobil, Anda justru mengambilnya dengan harga tinggi. Padahal kalau ditelisik dari segi kualitas, harusnya memiliki harga yang lebih rendah. Dengan selalu update informasi, kemungkinan salah pilih mobil bisa diminimalisir. Sekali lagi, jangan mudah tergiur dan cepat panas oleh penawar lain, ya.

  1. Segera Bawa ke Bengkel untuk Cek Kesehatan Mobil

Meskipun Anda berhasil memenangkan lelang mobil idaman, tetap harus ke bengkel dulu. Di sanalah kondisi mobil Anda yang sebenarnya akan tampak. Sebisa mungkin pilih bengkel yang sudah menjadi kepercayaan Anda. Proses pemeriksaan mobil tidak lama kok. Begitu terdapat tanda kerusakan, bisa langsung diperbaiki saat itu juga.

Di bengkel yang sama, Anda juga bisa memodifikasi mobil dari segi fungsi maupun tampilan. Siapa tahu Anda lebih suka mobil dengan penampilan baru. Biar tidak teringat-ingat betapa menjengkelkannya deretan wajah koruptor itu. Kalau mobil tidak segera dibawa ke bengkel, khawatirnya begitu dipakai lama, kerusakan yang telanjur ada jadi makin parah.

  1. Tetap Percaya Diri saat Menawar

Pada saat prosesi lelang suatu mobil, pasti muncul perasaan canggung dan dag-dig-dug. Apalagi jika berkenaan dengan mobil yang sudah Anda incar sejak lama. Maka, perang nilai tawar pun terjadi. Siapa yang tak kuat mental, bakal kesulitan saat menghadapi sesi per sesi. Terutama saat harus mengendalikan diri ketika tawaran peserta lain lebih tinggi.

Membeli mobil murah via Balai Lelang itu memerlukan seni khusus. Jadi, tidak boleh berdasarkan spekulasi semata. Harus berdasarkan informasi yang Anda kumpulkan mengenai prosesi lelang mobil idaman. Semacam taruhan. Hanya saja tidak menimbulkan kerugian untuk masing-masing peserta karena lebih bersifat sukarela.