Umumnya, pinjaman dana cepat definisinya terbatas pada jenis pinjaman yang bisa cair dalam waktu singkat. Terkait dengan besaran limit pinjaman, pilihan tenor, hingga suku bunga, semua bergantung lagi kepada siapa lembaga pemberi pinjaman dana cepat tersebut. Pilihannya ada bank, lembaga keuangan nonbank, lembaga multifinansial konvensional, koperasi, hingga fintech pinjaman dana cepat sekaligus kredit online seperti Kredivo.

Masing-masing lembaga pinjaman yang disebutkan di atas, tentu punya peraturannya masing-masing terkait jenis pinjaman dana cepat. Ada yang bisa memberikan limit besar, namun tenornya terbatas. Ada juga yang limitnya kecil tapi bunganya cukup tinggi, mengingat jenis pinjamannya termasuk berisiko tinggi. Namun, kesamaan dari semuanya adalah pilihan tenor yang ditawarkan terbatas. Sebab, jenis pinjaman ini termasuk yang berisiko tinggi.

Maka dari itu, jika tertarik dengan jenis pinjaman ini, kamu perlu mempertimbangkannya dengan matang. Paling tidak, prioritaskan untuk tiga kebutuhan ini.

Biaya pendidikan dan rumah sakit

Memang, biaya pendidikan dan kesehatan idealnya perlu direncanakan jauh-jauh hari melalui tabungan berjangka atau asuransi. Sebab, pendidikan dan kesehatan merupakan tabungan masa depan yang perlu support dan biaya banyak. Tapi, mau bilang apa lagi kalau pada kenyataannya kini kamu membutuhkan pinjaman dana untuk menutup biaya pendidikan hingga rumah sakit?

Jangan putus asa! Sebab, kamu masih bisa berusaha mengajukan pinjaman dana cepat yang tingkat suku bunganya bersahabat. Seperti Kredivo, fasilitas kredit sekaligus pinjaman dana cepat online dengan suku bunga tetap hanya sebesar 2,95% per bulannya. Kredivo bisa memberikan limit kredit maksimal hingga Rp 30 juta bagi kamu yang mendaftar akun Premium.

Limit yang berbentuk nontunai ini nantinya bisa kamu cairkan langsung melalui fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo menjadi pinjaman tunai. Minimal pinjaman yang bisa kamu ajukan sebagai pengguna premium Kredivo adalah sebesar Rp 500 ribu untuk jenis pinjaman mini, dalam waktu 30 hari. Sementara untuk pinjaman jumbo, berlaku untuk pengajuan pinjaman minimal Rp 1 juta dengan opsi tenor 3 hingga 6 bulan.

Pengajuan pinjamanmu akan langsung cair dalam 1 hari kerja apabila telah disetujui oleh Kredivo. Nah, sebelum bisa mengajukan pinjaman, kamu wajib daftar akun Kredivo lebih dulu, terutama akun Premium. Syaratnya pun cukup mudah: kamu wajib telah berusia minimal 18 tahun, memiliki penghasilan tetap per bulan minimal Rp 3 juta, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Daftar secara online melalui aplikasi Kredivo yang dapat diunduh gratis lewat Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Modal bisnis

Buat kamu yang sudah membuat perencanaan bisnis matang dan perlu suntikan modal, pinjaman dana cepat bisa jadi alternatifnya. Apabila kamu butuh modal yang besar, kisaran puluhan juta hingga ratusan juta, untuk mengembangkan bisnis yang sebelumnya kamu jalankan, maka bank atau lembaga pinjaman konvensional bisa jadi pilihannya. Kamu bisa mengajukan proposal bisnis dan juga melampirkan laporan keuntungan bisnis sebagai bahan analisa bank saat pengajuan pinjaman.

Sementara bagi kamu yang belum pernah menjalankan bisnis sama sekali alias pemula, aplikasi pinjaman dana online Kredivo bisa jadi opsi terbaik. Sebab, tidak perlu submit proposal atau laporan keuangan sama sekali. Kamu bisa ajukan pinjaman uang di Kredivo kapan saja selama kamu sudah terdaftar sebagai pengguna Premium dan memiliki limit yang cukup.

Tambahan dana pernikahan atau KPR rumah

Sama dengan biaya pendidikan dan juga kesehatan, dana pernikahan atau cicilan rumah juga merupakan hal yang perlu direncanakan keuangannya dari jauh-jauh hari. Sebab, setelah menikah, kebutuhan hidup akan jadi bertambah dua kali lipat. Beban akan semakin bertambah apabila ada cicilan pinjaman yang masih harus dibayar.

Boleh aja pinjam dana cepat untuk modal nikah atau DP KPR rumah, tapi, pastikan sifatnya hanya tambahan, bukan secara penuh didanai dari pinjaman ya. Makin besar pinjaman, akan makin besar juga angsuran yang harus kamu bayar. Terlebih lagi, tenor pinjaman cepat umumnya singkat. Misalnya, dana pernikahan yang kurang adalah untuk urusan katering, maka pinjam dana sejumlah biaya katering yang sudah direncanakan. Jangan diperluas atau dibesar-besarkan untuk hal lain yang kurang substansial.

Selain itu, sebelum pinjam, jangan lupa untuk mengecek kesehatan arus kas beserta total utang yang kamu miliki saat ini. Sehat atau tidaknya kondisi keuanganmu tidak hanya ditentukan dari besaran jumlah pemasukan saja, tapi juga persentase utang yang dimiliki. Kalau sudah sampai 30% dari total penghasilan, maka artinya kamu tidak dalam kondisi ideal untuk mengambil pinjaman lain.

Bijak dalam menggunakan fasilitas pinjaman, pastinya akan membuat keuangan aman!