Cara Menjaga Indeks Massa Tubuh Ideal

  • Whatsapp
Cara Menjaga Indeks Massa Tubuh Ideal

Menurut para pakar kesehatan, yang menyebutkan bahwa kesehatan seseorang itu bisa diukur dari indeks massa tubuh. Apabila berat badannya ideal, maka tubuh orang tersebut memiliki risiko rendah terhadap serangan berbagai penyakit. Jika berat badannya tidak ideal (terlalu kurus / kegemukan), maka orang tersebut rentan terhadap beragam penyakit.

Cara Menghitung Berat Badan Melalui Rumus BMI

BMI merupakan singkatan dari Body Mass Index yang sering digunakan untuk menghitung berat badan seseorang berdasarkan tinggi badan dan bobotnya. Melalui rumus BMI, tentu saja kita bisa mengatahui apakah berat badan kita termasuk kategori ideal atau tidak. Nilai BMi yang menunjuk pada angka 18 dikategorikan kurus (under weight), nilai angka 18 – 25 dikategorikan ideal (normal weight), nilai angkai 25 – 27 dikategorikan kegemukan (over weight), nilai angka diatas 27 dikategorikan obesitas.

Mengenai perhitungannya, maka berat tubuh ideal = berat tubuh (kg) : (tinggi badan x tinggi badan). Sebagai contohnya, berat badanmu itu sekitar 65 kg dengan tinggi badan 1,70 meter (170 cm). Cara menghitungnya adalah 65 : (1,70 x 1,70) = 22,49. Itu artinya, nilai BMI dari berat badanmu menunjukkan angka 22,9 sehingga termasuk kedalam kategori normal (normal weight).

Lantas, bagaimana cara menjaga berat badan agar tetap ideal?

  1. Berolahraga Secara Rutin dan Teratur

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal, yakni dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Dalam hal ini, dianjurkan bagi kamu memilih olahraga seperti angkat beban alis fitness. Agar lebih memahami lagi mengenai fungsi masing-masing dari alat fitnesnya, sebaiknya cari instruktur yang memang sudah berpengalaman di bidangnya.

Dengan adanya instruktur atau pelatih, tentu saja kamu bisa mengontrol perkembangan latihan dari waktu ke waktunya. Bahkan, sang pelatih juga akan memberikan informasi seputar tips serta mengecek hasil latihan secara berkala. Guna mendapatkan berat badan yang ideal, kamu bisa melakukan latihan angkat beban dengan durasi 30 menit per harinya.

  1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Selain berolahraga secara rutin dan teratur, menerapkan pola makan sehat juga tentunya memiliki peranan penting dalam menjaga berat badan ideal. Kamu harus mulai menjaga asupa  makanan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang rendah kalori. Tak hanya itu, segera buang kebiasaan buruk mengonsumsi minuman beralkohol atau minuman kaleng lainnya. Pasalnya, kadar gula pada minuman kaleng itu cukup tinggi yang dapat meningkatkan berat badan. Sebaiknya kamu harus memperbanyak meminum air mineral alias air putih.

Untuk menu sarapan, kamu harus mengonsumsi makanan-makanan yang berprotein tinggi seperti bubur gandum, yoghurt, telur, gandum utuh, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk menu cemilan, maka pilihlah cemilan sehat yang beruypa telur rebus, keju rendah lemak, roti, gandum, susu, dan kacang-kacangan.

  1. Mencukupi Waktu Istirahat

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga berat badan ideal, yakni dengan mencukupi waktu tidur. Terlalu sering bergadang akan membuat metabolisme tubuh tidak berjalan lancar, yang tentunya akan merusak berat badan idealmu. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki waktu tidur yang berkualitas. Disamping itu, hindari stress karena bisa mengurangi nafsu makan, sehingga berat badanmu pun akan ikut menurun.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga berat badan ideal. Tak hanya bagus untuk kesehatan, memiliki berat badan ideal juga tentunya berpengaruh terhadap penampilan.

Related posts