Pertumbuhan di segmen kendaraan niaga alias commercial vehicle memang menggembirakan ketimbang mobil penumpang. Segmen ini juga mampu berkembang diatas rata-rata pertumbuhan pasar. Tidak hanya didorong oleh sektor pertambangan dan komoditi namun juga terbantu oleh pembangunan infrastruktur di Indonesia serta kenaikan logistik akibat tren belanja daring (e-commerce), perkembangan kendaraan niaga di Indonesia sangat menjanjikan.

Oleh karena itu tak heran, beberapa pemain lama tak henti mengembangkan produknya. Sebut saja Mitsubishi, yang resmi meluncurkan Mitsubishi fighter terbaru dengan kecanggihan teknologi Runner yang dimiliki. Pertumbuhan penjualan di sektor ini terbantu oleh penjualan di sektor pertambangan, logistik, dan transportasi.

Generasi sebelumnya, Mitsubishi Fuso meraih pangsa pasar sebesar 45,4% di Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh pameran GAIKINDO di Surabaya, dengan menggandeng enam dealer besar di provinsi tersebut.  Kehadiran Mitsubishi Fighter menandakan keseriusan distributor pada segmen medium duty truck. Di mana pada segmen ini menjadi pendorong pertumbuhan cukup signifikan bagi kendaraan niaga terbaik di Indonesia.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) adalah sebuah organisasi nirlaba. Semua anggota GAIKINDO adalah perusahaan agen pemegang merk (APM) yang terdiri dari produsen kendaraan bermotor, distributor kendaraan bermotor, serta pembuat komponen utama kendaraan bermotor (manufacturer).

Dalam kapasitasnya di Tanah Air maupun peran global seperti itulah GAIKINDO dewasa ini ikut mendorong pengembangan industri yang mengarah pada produksi mobil ramah lingkungan (green car). Ini sesuai dengan tren internasional yang menuntut kendaraan bermotor yang memenuhi berbagai syarat untuk menghadapi tantangan ekologis. Untuk mempromosikan produk yang mengedepankan teknologi green car tersebut, GAIKINDO menyelenggarakan pameran otomotif berskala internasional tiap tahun, GAIKINDO Indonesia International Auto Show  (GIIAS), yang dibarengi dengan Indonesia International Automotive Conference (IIAC) sebagai arena untuk tukar informasi antara Pemerintah RI, pelaku industri otomotif nasional dan internasional. Pameran otomotif juga bertujuan untuk mensosialisasikan perkembangan teknologi otomotif dunia serta pencarian kendaraan niaga terbaik bagi para pelaku bisnis, di samping peran tersebut, GAIKINDO juga mendorong industri otomotif nasional untuk turut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial-kemanusiaan.