Inilah Jenis Minyak Goreng yang Baik untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Jenis Minyak Goreng

Saat berbelanja, seringkali kita dibingungkan oleh produk minyak goreng yang beragam. Kira-kira merek manakah yang sebaiknya dibeli? Daripada bingung, sebaiknya cermati dulu panduan untuk membedakan minyak goreng yang sehat dan tidak. Ditambah, minyak goreng seperti apa yang dibutuhkan. Sebab, bukan soal kualitas minyak goreng saja yang dipastikan sehat, tetapi juga makanan yang tetap sehat meski dimasak menggunakan minyak goreng.

Nah, berikut ini kami berikan lima pilihan minyak goreng terbaik untuk kesehatan yang terbuat dari bahan nabati.

Minyak Zaitun

Kandungan minyak zaitun terdiri dari lemak tak jenuh tunggal 78%, lemak tak jenuh ganda 8% dan lemak jenuh 14%. Selain tinggi akan lemak tak jenuh tunggal, minyak zaitun juga kaya akan antioksidan. Zat antioksidan ini disebut polifenol yang baik untuk kesehatan jantung.

Umumnya, minyak zaitun direkomendasikan untuk menggoreng dan menumis. Sebab, saat dipanaskan, senyawa berbahaya aldehida yang diproduksi tergolong rendah. Meski demikian, banyak yang berpendapat jika minyak zaitun kurang cocok untuk menggoreng teknik deep fry atau memasak makanan dalam rendaman minyak karena titik didihnya yang rendah.

Minyak Canola

Jenis minyak goreng terbaik kedua yaitu minyak Canola. Kandungan minyak Canola terdiri dari lemak tak jenuh tunggal 62%, lemak tak jenuh ganda 31%, dan lemak jenuh 7%. Minyak ini menjadi rekomendasi untuk menumis dan memanggang karena rasanya yang netral dan titik asap yang tinggi. Sebagian besar minyak Canola melalui proses penyulingan kompleks, dimana tidak terdapat antioksidan pada minyak Canola seperti pada minyak zaitun, walaupun usia hidupnya relatif lebih lama.

Minyak Biji Anggur

Minyak biji anggur terdiri dari lemak tak jenuh tunggal 17%, lemak tak jenuh ganda 73%, dan lemak jenuh 10%. Produk ini sama dengan minyak zaitun dalam hal menghasilkan jumlah senyawa aldehida yang lebih rendah daripada mentega atau minyak hewani. Minyak biji anggur juga kaya akan lemak jenuh sehingga membuatnya lebih stabil ketika dipanaskan. Hal ini terjadi karena asam lemak jenuh tidak akan membuat minyak biji anggur mengalami oksidasi.

Minyak Kacang

Kandungan minyak kacang terdiri dari 48% lemak tak jenuh tunggal, 34% lemak tak jenuh ganda, dan 18% lemak jenuh. Minyak kacang paling cocok untuk jenis masakan yang dipanggang dan ditumis. Titik asapnya yang tinggi, membuat minyak kacang paling cocok digunakan untuk teknik memasak dengan panas yang tinggi. Minyak kacang juga mengandung phythosterol yang baik untuk kesehatan jantung serta lemak nabati untuk menurunkan kolesterol dan penghambat perkembangan kanker.

Minyak Wijen

Terakhir, minyak wijen yang terbukti mampu mencegah diabetes dan meningkatkan plasma glukosa pada penderita diabetes hipersensitif. Kandungan minyak wijen ini terdiri dari lemak tak jenuh tunggal 41%, lemak tak jenuh ganda 44%, dan lemak jenuh 15%. Manfaat lain minyak wijen yaitu menurunkan tekanan darah pada penderita diabetes karena kandungan magnesium yang tinggi serta menurunkan kolesterol karena kandungan phytosterol didalamnya, dan masih banyak lagi.

Dari pilihan minyak goreng sehat diatas, berikut ini salah satu produk yang kita kenal.

Tropicana Slim Canola Oil

Merek minyak goreng satu ini turut membawa standar kesehatan yang tinggi bagi konsumennya. Terbuat dari bahan dasar biji bunga kanola, minyak ini diklaim lebih sehat dan lebih baik untuk kesehatan jantung. Harga Canola Oil dari distributor minyak goreng Tropicana Slim berukuran 946ml ini Rp65.500 yang tersedia di JD ID.

Yuk, cek merek dan harga minyak goreng 2 liter, 1 liter, dan 500ml lainnya di marketplace JD ID.

Related posts