sumber : winpoin.com

Teknologi canggih yang selama ini kita gunakan setiap hari seperti saat bekerja di kantor, pasti menggunakan laptop atau komputer. Lalu, apakah pernah terlintas di pikiranmu berapa lama file penting yang kamu simpan pada media penyimpanan seperti Flashdisk, Hardisk dan SSD (Solid State Drive) akan bertahan lama? Apakah bertahan sampai 20 tahun nanti? Baiklah, disini kami punya jawaban untuk semua pertanyaanmu.

Lewat artikel ini kami akan menjelaskan perihal daya tahan dari masing-masing media penyimpanan yang biasa digunakan oleh masyarakat, yakni Flashdisk, Hardisk dan SSD (Solid State Drive). Menurutmu mana storage yang tahan banting? Simak ulasannya di bawah ini.

Hardisk

Hardisk

sumber :indoworx.com

Hard disk adalah media penyimpanan yang mengunggulkan komponen bergerak termasuk magnetic head yang menari-nari di atas disk yang berputar. Apabila magnetic head menyentuh disk sedikit saja, dipastikan data tersebut pasti akan rusak.

Ada macam-macam penyebab dari insiden tersebut yaitu, aliran listrik yang mendadak mati, kesalahan produksi sampai benturan fisik yang cukup keras. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 25 ribu hard disk pada perusahaan penyimpanan Cloud BackBlaze di tahun 2013 lalu, 5 % rusak pada tahun pertama dan sisanya akan bertahan sampai tahun ke 4. Melewati tahun ke 4 tersebut, terjadi peningkatan terhadap kerusakan 11,8 % drive lalu 74 %nya akan bertahan melewati 4 tahun.

Maka dari itu, kamu harus menjaga hard disk dan jauhkan dari benda-benda yang mengandung magnet tinggi. Situasi tersebut akan mengingatkan pembawaan risiko yang buruk pada data yang ada di dalam. Dan kalau kamu ingin menyimpan semua data pada hardisk agar aman, kamu bisa menyimpannya dengan hard disk external atau internal.

Flashdisk

Flashdisk

sumber : liputan6.com

Siapa sih yang tidak mengenal flash disk? Flashdisk adalah salah satu perangkat penyimpanan yang digunakan oleh banyak orang. Dengan harganya yang sangat terjangkau, hingga modul memori yang ada di dalamnya juga memiliki kualitas dibawah modul milik SSD (Solid State Drive). Perkara soal siklus tulis dan baca menjadi perhatian pada perangkat ini. Rata-rata flashdisk akan berjalan dengan baik sampai siklus ke 3000 hingga 5000.

Diingatkan kembali jika flashdisk sebenarnya bukan diperuntukkan pada penyimpanan file dalam jangka yang lama. Flashdisk lebih berfungsi untuk memindahkan suatu file dari satu perangkat ke perangkat lain secara efektif. Jika semakin sering kamu melakukan hal semacam itu, alhasil daya tahan flashdisk akan terus menurun. Menurut teori dari flash bay, sebetulnya flashdisk dapat menyimpan data sampai 80 tahun jika tidak digunakan lagi dan berada di area yang tepat. Tetapi kita semua tahu itu tidak mungkin terjadi kan?

SSD (Solid State Drive)

SSD (Solid State Drive)

sumber : maketecheasier.com

SSD atau solid state drive merupakan salah satu perangkat penyimpanan yang sedang naik daun belakangan ini. SSD menawarkan macam-macam kelebihan yang tidak dimiliki harddisk, mulai dari proses read and writer yang cukup cepat sampai tahan terhadap guncangan. Karena perangkat tersebut memerlukan komponen yang bergerak di dalamnya untuk menyimpan data.

Tak ada hardware yang sempurna, maka dari itu SSD juga memiliki kelemahan pada siklus read dan write. Tiap-tiap blok yang dimiliki SSD hanya bisa untuk melakukan siklus tulis dan baca sampai ribuan kali. Tenang dulu guys, karena siklus ribuan kali tersebut tentu bisa kamu lewati hingga bertahun-tahun. Bukan hanya itu saja, seandainya kamu berhasil membuat siklus tersebut habis, maka data didalamnya tidak akan hilang dan menjadi read-only.

Tidak cukup sampai disini saja guys, masih ada bahayanya lagi lho! SSD juga sensitif terhadap gangguan suplai listrik. Misalnya, tiba-tiba listrik di rumahmu mati, maka data yang ada di dalamnya akan riskan untuk mengalami yang namanya corrupt. Bagaimana menurutmu, seberapa awet SSD tersebut? Sebenarnya, seburuk-buruknya SSD ia akan awet selama 3 bulan dan paling lama sampai 10 tahun.

Nah, menurut kamu mana yang akan aman untuk menyimpan data-data penting? Hard disk, flashdisk atau SSD?. Baca juga Tipe-Tipe Hero Yang Ada Di Mobile Legends Yang Wajib Untuk Anda Ketahui Sebelum Bermain.