Mata Ikan Mengurangi Rasa Percaya Diri? Coba 5 Bahan Alami Ini, Yuk!

  • Whatsapp
Mata Ikan

Mata ikan merupakan hal yang lumrah dialami semua orang; kulit yang kasar, menebal dan bulatan tampak menonjol. Biasanya mata ikan muncul di bagian kaki atau tangan yang menjadi benteng pertahanan agar kulit tidak mudah terluka atau lecet. Meski penyebab mata ikan dikarenakan aktivitas gerak yang padat atau pemakaian sepatu terlalu lama, tetapi orang-orang merasa jengkel dengan keberadaan mata ikan.

Bahan alami yang bisa mengatasi mata ikan

Ada salep hingga laser dan operasi untuk menghilangkan mata ikan yang mengganggu penampilan. Namun, Anda tidak perlu panik bila mata ikan tidak sebabkan rasa sakit yang berlebihan. Gunakan saja bahan alami yang mudah didapatkan di rumah untuk menghilangkan tanda kulit yang menjengkelkan ini. Apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk hilangkan mata ikan? Yuk, simak rekomendasi bahan alami murah meriah berikut!

1.              Minyak jarak

Anda hanya perlu mengoleskan minyak jarak tiga kali sehari pada bagian yang kasar atau kapalan. Dalam waktu tiga sampai empat hari saja, mata ikan bisa berangsur-angsur menghilang.

2.              Asam salisilat

Gunakan batu apung, air hangat dan asam salisilat dalam bentuk cair atau gel untuk hilangkan mata ikan. Setelah merendam kaki atau tangan yang memiliki mata ikan dengan air hangat, tepuk sampai kering, lalu gosok dengan batu apung pelan. Oleskan asam salisilat dan bilas bagian yang sudah didiamkan 5 menit dengan air bersih. Rutin melakukan metode ini 1-2 kali seminggu, mata ikan bisa langsung hilang.

3.              Cuka apel

Penyebab mata ikan bisa dikarenakan oleh pemakaian high heel atau kuku kaki yang panjang. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mengoleskan cuka apel tipis-tipis setelah merendam kaki dengan air hangat.

4.              Garam Inggris

Garam Inggris atau Epsom bisa mengatasi mata ikan yang membuat Anda merasa minder. Cukup menambahkan garam Epsom pada baskom yang berisi air hangat, lalu rendam kaki Anda ke dalam baskom selama 10 menit saja. Hilangkan sel kulit mati yang membuat permukaan kulit terasa kasar dengan batu apung. Lakukan teknik membersihkan mata ikan secara rutin agar kulit kembali bebas dari kasar atau kapal.

5.              Bawang putih

Tak hanya menjadi bumbu masak, Anda bisa membersihkan mata ikan dengan bawang putih. Cukup belah bawang putih menjadi dua, lalu oleskan pada bagian mata ikan dan tutup dengan bagian bawang yang lain. Perban mata ikan yang sudah ditutupi satu bagian bawang putih dan diamkan semalaman. Esok hari Anda bisa membersihkan sel kulit yang mati dengan rutin setiap malam.

Coba 5 cara mengatasi mata ikan dengan bahan alami di atas, ya! Toko online perlengkapan bayi tidak menyediakan bahan alami mengatasi mata ikan, lho! Pastikan Anda rajin membersihkan kulit bawah kaki dengan baik agar terhindar dari risiko mata ikan.

Related posts