Pertumbuhan bayi setiap bulan perlu dipantau oleh orang tua. Yang perlu dicermati adalah berat badan, panjang tubuh, perkembangan gerak motorik dan indera anak, serta peningkatan perkembangan dari bulan ke bulan sehingga orang tua tahu apa hal terbaik yang harus dilakukan selanjutnya.

Jika Anda menemukan anak-anak jangan tumbuh dan berkembang dengan baik. Tumbuh kembang bayi dengan sangat cepat setiap bulan, baik penambahan berat badan dan panjang tubuh. Medianer telah menjelaskannya dalam “Pertumbuhan Anak: Berat Badan Anak dan Panjang Tubuh 0-3 bulan.”

Namun, median perlu menambah dan menambah tentang tumbuh kembang anak dari usia 0 bulan hingga 12 bulan. Selain menyelesaikan bulan bunga bayi ke bulan, median juga mendukung menyelesaikan perkembangan motorik dan sensorik anak dari 0-12 bulan. Deskripsi adalah sebagai berikut:

Pertumbuhan Bayi 1 Bulan

Sejak bayi lahir 0 bulan, dengan berat lahir normal 2500 gr atau 2,5 kg akan terus tumbuh dan berkembang. Perkembangan berat badan bisa mencapai 5,7 kg hingga usia 1 bulan. Sementara panjang tubuhnya bisa mencapai 56,8 cm untuk bayi laki-laki.

Sedangkan berat badan bayi perempuan (bb) 5,5 kg dan panjang badan (pb) 57,6 cm. Pada fase 0-1 bulan, aktivitas motorik telah berkembang dengan baik, seperti ekstremitas dan gerak (motorik kasar). Sementara keterampilan motorik halus anak.

Ini biasanya telah mampu tumbuh dengan baik seperti belok kiri dan kanan. Dan, menanggapi suara seperti lonceng. Kemampuan indera bayi juga mulai berkembang, seperti melihat wajah ibu ketika diberi ASI atau seolah memperhatikan ketika diajak bicara oleh ayah dan ibu.

Pertumbuhan Bayi 2 Bulan

Pada usia 2 bulan, bayi laki-laki memiliki berat badan ideal 4,2 kg – 6,9 kg dan seorang wanita 4,0 kg – 6,7 kg. Sedangkan panjang tubuh normal untuk anak laki-laki adalah 54,4 cm-62,6 cm, dan bayi perempuan berusia 2 bulan, panjang tubuh 53 cm-61,1 cm.

Pada usia 2 bulan, gerakan motorik kasar bayi sudah mulai terangkat oleh kepala kompilasi perutnya. Sementara kemampuan sensorik mulai mengatakan hal-hal seperti, “Ooo ooww …” dan mampu tersenyum secara spontan.

Pertumbuhan Bayi 3 Bulan

Dalam kondisi normal, anak laki-laki berusia 3 bulan berkisar dari berat normal hingga 5 kg – 8 kg, sedangkan anak perempuan 4,6 kg – 7,5 kg. Kemungkinan panjang tubuh anak laki-laki berusia 3 bulan adalah 57,3 cm-65,6 cm. Untuk anak perempuan berusia 3 bulan, panjang tubuh mereka adalah 53,6 cm – 64 cm.

Pada usia 3 bulan, perkembangan motorik anak meningkat, ia bisa mengangkat kepala anak saat duduk, juga bisa memegang mainan. Sementara indera seorang anak juga tumbuh dengan cepat, anak itu dapat tertawa dan berteriak, juga melihat anggota tubuhnya, seperti jari dan tangan.

Pertumbuhan Bayi 4 Bulan

Usia bayi berusia 4 bulan diperkirakan beratnya 5,6 kg-8,7 kg. Dan perempuan 5 kg-8,3 kg. Sedangkan panjang tubuh bayi laki-laki diperkirakan berada pada kisaran 59,7 cm – 68 cm dan bayi perempuan berusia 4 bulan, panjang tubuh 57,8 cm – 66,4 cm. Pada usia 4 bulan motorik kasar diharapkan dapat berbaring tengkurap dan berbaring sendiri di bawah pengawasan orang tua.

Pertumbuhan bayi adalah 5 bulan

Pada usia 5 bulan bayi laki-laki diperkirakan memiliki berat 6 kg-9,3 kg. Dan bayi perempuan 5,4 kg-8,9 kg. Sedangkan panjang tubuh bayi laki-laki berusia 5 bulan adalah 61,7 cm – 70,4 cm dan panjang tubuh bayi perempuan adalah 59,6 cm – 68,5 cm.

Pada usia 5 bulan, perkembangan motorik bayi mampu menjangkau dan mencapai mainan yang menarik, dan aktivitas sensorik anak juga berkembang dengan baik seperti berbalik ketika dipanggil atau mendengar suara.

Pertumbuhan bayi 6 bulan

Pada usia 6 bulan, berat badan bayi adalah 6,3 kg – 9,8 kg. Berat bayi perempuan adalah 5,8 kg – 9,3 kg. Sementara panjang tubuh anak-anak berusia 6 bulan adalah, pria 63,2 cm – 71,9 cm dan wanita 61,2 cm – 70,3 cm. Pada usia 6 bulan.

Gerakan motorik anak dapat duduk sendiri tanpa berpegangan, juga mencari dan mengambil mainan / benda yang ia jatuhkan. Pada saat ini, bayi juga bisa memasukkan makanan / biskuit ke dalam mulutnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan bermanfaat pastinya untuk Anda semuanya. Teriam kasih sudah membaca ratikel kali ini, semoga bermanfaat.