Nih, Perbedaan TikTok dan TikTok Lite Buat yang Belum Tahu!

Apakah Anda pengguna lama TikTok atau pengguna baru? Anda tahu, gak, kalau ada dua jenis aplikasi TikTok yang berbeda? Buat yang belum tahu, TikTok pada Mei 2021, TikTok meluncurkan versi “ringan” nya yang disebut TikTok Lite. Apa perbedaan TikTok dan TikTok Lite?

Dari namanya saja, sudah terlihat bukan kalau TikTok Lite adalah versi “light” dari aplikasi TikTok. Jika Anda bertanya lebih bagus TikTok atau TikTok Lite, maka Anda bisa mencari tahu sendiri jawabannya dengan mencoba untuk menginstall salah satunya. Banyak yang menyebut bahwa TikTok Lite penghasil uang. Padahal, TikTok biasa bisa menghasilkan uang juga, lho.

Nah, sebelum membahas TikTok Lite lebih jauh lagi, mari pahami dulu apa itu TikTok. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Apa Itu TikTok?

Hayo, ngaku, siapa yang belum tahu TikTok? Kalau Anda belum tahu, TikTok itu adalah aplikasi media sosial sekaligus platform music video yang memungkinkan penggunanya membuat, mengedit, berbagi video pendek berdurasi 15 detik hingga 3 menit. Nah, di TikTok ini juga ada fitur-fitur yang berkaitan dengan video, lho. Seperti background music, filter, duet, reaction, dan masih banyak lagi.

Video yang bisa ditemukan di TikTok juga bermacam-macam karena berbagai orang dari berbagai kalangan bisa menggunakan aplikasi ini. Kreativitas sangat diuji di TikTok. Bagaimana tidak? Di TikTok terdapat banyak sekali fitur-fitur seperti voice changer, filter beautify, auto caption dan masih banyak lagi yang bisa membuat Anda ketagihan untuk mengulik aplikasi ini lebih dalam.

Apa Itu TikTok Lite?

Pada dasarnya TikTok dan TikTok Lite adalah aplikasi dari developer yang sama. Hanya saja yang membedakan adalah TikTok Lite merupakan versi TikTok yang lebih ringan. Kenapa bisa dibilang ringan? Karena di TikTok Lite, ada banyak fitur TikTok yang dipangkas, sehingga ada kelebihan dan kekurangan TikTok Lite.

Jika Anda bingung apakah TikTok Lite bisa membuat video? Jawabannya adalah, bisa. Sama seperti TikTok biasa, TikTok Lite juga bisa membuat video. Perbedaan TikTok dan TikTok biasa dalam pembuatan video hanyalah di bagian beberapa fitur seperti reaction dan duet. Jika di TikTok biasa Anda bisa menggunakan fitur tersebut, di TikTok Lite, fitur tersebut tidak ada.

Sampai saat ini, masih banyak masyarakat yang bertanya apakah TikTok dan TikTok Lite satu perusahaan? Tentu saja keduanya masih bersumber dari developer yang sama. Download TikTok Lite 2021 juga bisa dilakukan baik oleh pengguna Android maupun iOS. Tampilan TikTok Lite di Android jelas akan berbeda dengan tampilan TikTok Lite iOS. Tetapi, fitur yang dimiliki dari kedua perangkat lunak akan tetap sama.

Apa Perbedaan TikTok dengan TikTok Lite?

TikTok dan TikTok Lite sebenarnya sama aja, lho. Keduanya berasal dari developer yang sama dan keduanya bisa dipakai untuk sharing video. Tapi, beberapa fitur yang ada di TikTok biasa, tidak tersedia di TikTok Lite. Selain hal tersebut, apa aja, sih, yang bikin tiktok lite atau tiktok reguler berbeda? Yuk, simak di sini, ya!

Kapasitas Download

TikTok dan TikTok Lite memiliki kapasitas download yang berbeda. Jika Anda bertanya apakah TikTok Lite hemat kuota? Tentu saja. Karena Kapasitas download yang disediakan TikTok Lite hanya sebesar 21 MB, sementara TikTok menyediakan kapasitas download hingga mencapai 75 MB.

Ukuran File

Dalam segi ukuran file, perbedaan TikTok dan TikTok biasa adalah TikTok ukuran file-nya mencapai 300 MB sementara TikTok Lite hanya 182 MB. Perbedaan ini tentu saja menjadi nilai plus bagi Anda yang memiliki HP dengan spesifikasi rendah atau out of date. Jika RAM Anda tidak terlalu besar, maka disarankan untuk download Tik Tok Lite saja.

Pemangkasan Fitur

Perbedaan lainnya yang bisa dirasakan oleh pengguna TikTok Lite adalah keterbatasan fitur. Ada beberapa fitur yang tersedia di TikTok tidak tersedia di TikTok Lite. Di TikTok biasa, Anda akan memiliki fitur Block List, sementara di TikTok Lite, Anda tidak akan memiliki fitur tersebut. Fitur lain seperti React dan Duet pun tidak tersedia di TikTok ite.

Fitur lainnya seperti Digital Wellbeing, LivePhoto, dan Wallet uga sampai saat ini tidak tersedia di TikTok Lite.

Durasi Video

Jika Anda melakukan TikTok Lite login, kemungkinan Anda tidak bisa berbaggi video dengan durasi di atas 15 detik. Durasi maksimal yang diberlakukan di TikTok Lite adalah hanya 15 detik. Lain halnya dengan TikTok reguler yang bisa meng-upload video dengan durasi hingga 3 menit.

Related posts