Banyak asumsi mengenai asuransi kesehatan yang diyakini masyrfakat, salah satunya ialah sulitnya mengajukan klaim. Padahal, pengajuan klaim bisa dilakukan dengan mudah asalkan sudah mengikuti seluruh ketentuan yang berlaku. Terkadang, inilah yang membuat orang awam ragu untuk daftar asuransi kesehatan online.

Agar tidak terjadi penolakan pengajuan klaim, ada baiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis klaim asuransi kesehatan. Berikut beberapa jenisnya, antara lain:

  1. Sistem reimbursement

Sistem ini mengharuskan si pemegang polis menannggung biaya medis terlebih dahulu dengan menggunakan uang pribadi dan biaya tersebut nantinya ditagihkan ke jasa asuransi kesehatan denbgan melampirkan kwitansi pembayaran yang diterima dari rumah sakit.

Sistem seperti inilah yang membuat klaim reimbusement kurang diminati, selain itu sekarang sistem ini juga jarang digunakan, karena nasabah harus menyediakan dana sebagai uang muka. Bila tak memiliki dana, nasabah dengan sistem reimbursement tak terlayani dan bisa berakibat fatal. Sehingga, lebih baik sebelum mendaftar asuransi kesehatan, lebih baik Anda menanyakan terlebih dahulu sistem apa yang mereka gunakan.

  1. Sistem cashless

Sistem cashlesh memang yang paling banyak digunakan sekarang ini. Ketika Anda sakit, Anda hanya perlu menunjukkan kartu peserta asuransi yang memiliki bentuk ATM, ada berbagai macam kemudahan   yang diberikan seperti tak perlu persiapan dana terlebih dulu saat sakit. Proses klaimnya ialah ketika Anda menujuukkan kartu anggota pada rumah sakit.

  1. Sistem santunan

Pada sistem ini, tak peduli Anda akan berobat di rumah sakit mana dan berapa yang Anda bayarkan, pada sistem ini, nantinya perusahaan akan memberikan santunan harian selama Anda berada di rumah sakit, besarnya disepakati di dalam polis asuransi. Untuk proses klaimnya membutuhkan dokumen seperti kwitansi pengobatan, klaim asuransi, diagnosis rumahsakit dan berbagai dokumen pendukung lainnya.

Sakit merupakan sebuah hal; yang manusiasi dan ddapat dialami oleh siapa saja. namun waktunya tidak dapat diprediksi. Anda harus menyiapkan solusi dari risiko ini. Selain daftar asuransi kesehatan via online, hal lain  yang tidak boleh dilupakan adalah berinvestasi. Anda dapat melakukan investasi reksadana. Untuk kemudahan melakukan investasi, kunjungi website Tanamduit.