Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat vital. Karena organ tubuh yang satu ini memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh untuk menjaga keberlangsungan hidup. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan jantung agar bisa berfungsi dengan normal sebagaimana mestinya. Karena saat jantung bermasalah, tidak hanya kualitas hidup saja yang akan terganggu, namun juga resiko kematian pada diri seseorang juga akan lebih meningkat. Untuk itu, menjaga kesehatan jantung harus mulai Anda lakukan dari sekarang. Dan jika perlu, selalu periksakan diri ke dokter untuk memantau kondisi kesehatan jantung Anda. Banyak rumah sakit yang memiliki layanan pada kesehatan jantung dan pembuluh darah yang bisa Anda tuju, salah satunya seperti Rumah Sakit Mitra Keluarga Surabaya.

Nah, untuk menjaga kesehatan jantung, pastinya ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Karena kesehatan jantung juga perlu diupayakan agar terus berfungsi dengan baik dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang mengancam. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung, antara lain:

  • Mengkonsumsi makanan yang sehat.

Salah satu langkah terbaik untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, terutama yang mengandung banyak serat. Hal ini lantaran makanan yang kaya akan serat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (DHL) yang menjadi penyebab seseorang beresiko terkena penyakit jantung. Makanan yang kaya akan serat bisa Anda peroleh dari buah-buahan, sayur, gandum, kacang-kacangan, dan sereal.

  • Rajin berolahraga.

Seseorang yang jarang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik juga sangat beresiko terkena penyakit jantung. Sehingga salah satu cara untuk menghindari hal ini terjadi adalah dengan terus aktif bergerak atau rutin melakukan olahraga. Usahakan selalu berolahraga di tengah-tengah kesibukan Anda setiap harinya, setidaknya 20-30 menit setiap harinya.

  • Menghentikan kebiasaan merokok.

Pada perokok aktif, resiko terkena penyakit jantung cenderung lebih tinggi. Resiko yang sama juga akan dialami oleh mereka yang terkena paparan asap rokok setiap harinya. Hal ini lantaran zat beracun yang terkandung dalam rokok bisa merusak pembuluh darah jantung dan menyebabkan aliran darah terganggu. Hal inilah yang kemudian menyebabkan jantung tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya karena asupan nutrisi dan oksigen yang berkurang.

  • Mengurangi lemak jenuh.

Lemak jenuh atau lemak trans jika dikonsumsi bisa menyebabkan kolesterol dalam darah meningkat. Hal inilah yang nantinya bisa memicu gangguan pada jantung. Lantaran kolesterol yang menumpuk dapat menyumbat pembuluh darah pada jantung dan menyebabkan gangguan kesehatan.

  • Istirahat yang cukup.

Tidur yang kurang cukup juga bisa menjadi salah satu penyebab seseorang terkena penyakit jantung. Normalnya pada orang dewasa untuk tidur selama 7-8 jam per harinya. Jika kurang dari jumlah tersebut, maka resiko mengalami darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung akan jauh lebih tinggi. Maka dari itu usahakan untuk beristirahat dengan cukup dan kelola stress dengan baik.

Nah, itu tadi beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, selain beberapa hal yang disebutkan di atas, pastikan juga Anda selalu rutin memeriksakan kesehatan jantung agar terhindari dari penyakit mematikan ini. Anda bisa memeriksakan diri di rumah sakit yang memiliki layanan untuk kesehatan jantung. Misalnya di Rumah Sakit Mitra Keluarga Surabaya yang juga memiliki layanan kesehatan jantung dan pembuluh darah dan bisa menjadi rujukan bagi Anda yang membutuhkan.