Untuk meningkatkan brand awareness dan traffic para pengusaha ataupun individu mencoba berbisnis berbasis online. Tentu dengan merambah bisnis online, pebisnis wajib menyusun strategi marketing online.
Peningkatan signifikan pengguna internet saat ini membuat digital marketing menjadi senjata ampuh untuk memasarkan produk.
Nah, salah satu cara yang kini cukup banyak menghasilkan konversi dalam digital marketing adalah social media marketing.
Untuk melakukan social media marketing, kamu memerlukan media sosial untuk bisnismu. Lalu, apakah kamu sudah tahu pengertian social media marketing? Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lengkap tentang pengertian hingga strategi social media marketing. Yuk, simak!
Apa Itu Social Media Marketing?
Social media marketing adalah bentuk dari pemasaran digital yang menggunakan media sosial dan situs website untuk memasarkan produk atau jasa bisnis melalui cara berbayar dan organik.
Pemasaran ini dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan, menyelesaikan pertanyaan dan keluhan, mengumumkan produk dan layanan baru, mendapatkan feedback dan rekomendasi, serta membangun komunitas pelanggan.
Social media marketing akan melibatkan beberapa aktivitas, seperti membangun kehadiran di jejaring sosial, menyebarkan brand awareness, melibatkan pelanggan melalui konten yang diunggah dan meningkatkan konversi ROI (Return of Investment), mengarahkan traffic ke situs website, dan lain sebagainya.
Pemilihan platform social media marketing pun menjadi hal penting. Hal ini karena berhubungan dengan kesesuaian target market yang telah dibuat. Sehingga, kesuksesan marketing strategy yang sudah dibuat akan berhubungan dengan platform social media marketing yang digunakan.
Untuk pengembangan bisnis memerlukan analisis data yang kuat dari social media marketing tersebut. Analisis data yang dilakukan, seperti analisis jangkauan engagement dan reach, target market, dan sebagainya. Alangkah baiknya dalam menjalankan social media marketing untuk mampu mengintegrasikan big data management.
Pengertian Social Media Marketing Menurut Para Ahli
Supaya tidak hanya berdasarkan asumsi saja, berikut ini pengertian menurut para ahli:
1. Susan Gunelius
Menurut Susan Gunelius, arti dari social media marketing adalah bentuk dari direct marketing ataupun indirect marketing yang digunakan untuk membangun kesadaran, pengakuan, daya ingat, dan tindakan untuk merek, bisnis, produk, atau orang serta dilakukan dengan menggunakan tools dari website sosial seperti blogging, microblogging, social networking, social bookmarking, dan content sharing.
2. Tamar Weinberg
Menurut Tamar Weinberg, pengertian social media marketing adalah proses yang mendorong individu untuk melakukan pemasaran melalui situs website, produk, atau layanan mereka melalui saluran pemasaran online. Selain itu, social media marketing untuk berkomunikasi dengan komunitas berpeluang melakukan pemasaran daripada melalui saluran periklanan konvensional.
3. Tract L. Tuten
Menurut Tract L. Tuten, arti social media marketing adalah bentuk promosi secara online yang menggunakan latar budaya dari komunitas sosial.
4. Hubspot
Menurut Hubspot, pengertian dari social media marketing adalah action dari pembuatan konten. Konten ini yang digunakan untuk menarik perhatian customer potensial atau pengguna social media.
5. Neil Patel
Menurut Neil Patel, arti dari sosial media marketing adalah proses menarik perhatian orang atau individu supaya tertarik dan terikat dengan konten yang disajikan.
Dari pendapat di atas konsep pemasaran media sosial erat kaitannya dengan upaya promosi dan peningkatan brand awareness yang dibisniskan.
Mengapa Social Media Marketing Penting?
Di era ekosistem digital seperti sekarang, media sosial berpengaruh masif terhadap kehidupan masyarakat di dunia. Strategi marketing yang menggunakan media sosial dianggap cara ampuh untuk menjangkau berbagai calon customer dengan rentang usia yang beragam. Berikut ini alasan pentingnya social media marketing.
1. Meningkatkan Brand Awareness
Brand awareness adalah konsumen atau calon pelanggan dari bisnis yang langsung mengenali dan mengingat merek walaupun hanya dengan melihat logo, gambar, warna, atau contoh produknya saja.
Awal dari mereka dapat mengenali produk atau jasa yang dipromosikan adalah dengan melihat sekilas produk yang diunggah di media sosial. Karena produk tersebut diunggah secara continue membuat mereka mulai memperhatikan bahkan tertarik untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.
2. Meningkatkan User Engagement
Semakin banyak calon pelanggan atau customer yang mulai mengetahui dan perhatian terhadap merek atau produk bisnis yang dijalankan, impact-nya adalah banyak pelanggan yang bisa didapatkan.
Adanya interaksi kepada calon pelanggan atau customer melalui konten yang diunggah di media sosial sehingga mampu meningkatkan user engagement.