Strategi Pengembangan Bisnis dengan WhatsApp Marketing

  • Whatsapp
Strategi Pengembangan Bisnis dengan WhatsApp Marketing

Pada umumnya, Whatsapp memang digunakan sebagai aplikasi pesan online yang banyak digunakan oleh pengguna internet didunia. Bahkan jumlah penggunanya bisa dikatakan sangat fantastis, yaitu lebih dari 5 miliar unduhan jika dilihat di Playstore. Itu untuk seluruh pengguna di dunia, bagaimana dengan jumlah lokal di indonesia? Dari data statistik menunjukkan bahwa pengguna aktif WA di Indonesia mencapai sekitar 83% dari total penduduknya. Dengan demikian, jika di jumlahkan akan mendapat angka kurang lebih 140 juta pengguna.

Melihat angka yang sangat besar tersebut, tentu potensi Whatsapp akan sangat bagus jika digunakan untuk strategi marketing. yang perlu diingat, WA bukanlah termasuk platform media sosial karena sifatnya lebih personal. Lebih tepat jika dikatakan sebagai media komunikasi online. Setelah kita mengetahui potensi besar yang ada pada WA, selanjutnya kita bahas lebih mendalam mengenai  Whatsapp marketing.

Apa Itu WhatsApp Marketing

Marketing bisa diartikan dengan pemasaran atau kegiatan promosi yang dilakukan untuk mengenalkan suatu produk. Jadi Whatsapp marketing merupakan  strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan media komunikasi online Whatsapp. Mengingat pengguna di Indonesia yang cukup besar, potensi bisnis yang akan diberikan dengan menggunakan sistem ini juga semakin besar.

Untuk dapat menggunakan Whatsapp sebagai strategi marketing, anda bisa mendapatkannya gratis di playstore. Namun jika usaha anda ingin terlihat professional, anda juga bisa menggunakan layanan berbayar mereka yaitu Whatsapp bisnis.

Layanan yang diberikan Whatsapp, baik itu gratis atau berbayar mempunyai keunggulan yang sangat cocok jika digunakan sebagai media promosi. Disana anda dapat mengirimkan pesan dengan format teks, ambar maupun video. Sekali lagi, semua bisa anda lakukan tanpa membayar sedikitpun. Bagaimana? Menarik bukan?

Kelebihan Whatsapp Marketing

Ada beberapa keunggulan yang didapatkan jika anda menggunakan marketing melalui Whatsapp gateway murah. Sebagian besar manfaat tersebut bahkan tidak dimiliki jika anda menggunakan media lain seperti media sosial atau website.

1. Biaya Relatif Murah

Dilihat dari segi manapun, menggunakan Whatsapp jauh lebih murah biayanya daripada yang lain. Misalkan saja dibandingkan dengan pemasaran menggunakan Facebook Ads, anda harus mengeluarkan biaya untuk setiap kali produk anda dibuka oleh pengunjung. Berbeda dengan Whatsapp yang hampir tanpa biaya sama sekali, kalaupun ada mungkin hanya kuota yang berkurang, itupun sangat kecil sekali.

2. Lebih Dekat Dengan Audience

Jika anda menggunakan Facebook Ads, anda tidak akan pernah tahu siapa saja yang membuka dan mengunjungi produk yang anda iklankan. Dengan Whatsapp anda tahu semuanya dan sangat memungkinkan untuk berkomunikasi langsung dengan mereka.

3. Mudah Digunakan

Siapa yang tidak bisa menggunakan aplikasi pesan online Whatsapp? Penggunaannya yang sangat mudah menjadi keunggulan tersendiri. Anda bisa menggunakan fitur grup atau menggunakan pesan broadcast untuk melakukan aktivitas pemasaran.

4. Memiliki Banyak Fitur

Tidak kalah dengan media marketing lain seperti email, Whatsapp juga mempunyai banyak fitur. Diantara fitur tersebut adalah dapat membuat status, mengirim pesan siaran, mengirim pesan dengan berbagai format, dan juga menggunakan fitur grup untuk memudahkan dalam memantau aktivitas audience.

Menggunakan Whatsapp dalam pengembangan bisnis akan sangat membantu jika anda melakukan strategi yang tepat. Sebelum melakukannya, anda harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai produk, target dan tujuan dari marketing tersebut. Setelah itu, anda bisa mulai mengumpulkan data kontak sesuai dengan target yang telah dibuat tadi. Menggunakan fitur grup dan pesan siaran merupakan cara yang sering digunakan oleh pelaku bisnis. Apakah anda siap mengikuti jejak mereka?

Related posts