Di negara kita, peminat mobil Second tidak kalah banyak dari konsumen mobil baru. Ini terjadi karena harga mobil Second yang ditawarkan oleh penjual jauh lebih murah. Selain itu, pembeli juga menyukai model mobil Second sehingga mereka memiliki keinginan untuk membeli mobil Second ini.

Hal yang sering terjadi pada pembeli mobil Second bingung dalam menentukan aspek apa yang harus dipertimbangkan ketika membeli mobil Second. Nah, berikut adalah beberapa aspek yang Anda butuhkan saat membeli mobil Second, sehingga uang yang Anda keluarkan tidak sia-sia dan bermanfaat bagi Anda.

Mencari informasi

Sebelum Anda membeli mobil Second baik di dealer atau perorangan, Anda harus mencari informasi terlebih dahulu tentang mobil Second yang akan Anda beli. Karena sekarang, ada banyak penjual mobil Second yang menggunakan internet sebagai alat pemasaran mereka. Dengan melakukan ini, Anda dapat dengan mudah membandingkan harga mobil Second yang akan Anda beli.

Lihatlah langsung

Jika Anda telah menemukan mobil yang diinginkan yang Anda inginkan, maka wajib untuk melihat mobil secara langsung. Karena dengan melihat mobil secara langsung, Anda dapat melihat dan memeriksa secara detail tentang mobil, terutama jika Anda ingin membeli mobil Second dari Jepang, Anda perlu melihat kondisi bodi mobil, apakah ada tanda-tanda kecelakaan atau tidak.

Periksa kondisi mesin

Jika Anda ingin mendapatkan mobil Second dari produsen Eropa dan Amerika, Anda harus terlebih dahulu memeriksa kondisi dapur pacu. Karena suku cadang mobil Eropa atau Amerika yang terkenal sangat mahal, jadi Anda bisa tahu kapan saatnya mengganti suku cadang ini.

Bagaimana Cara Memilih Mobil Second?

Periksa starter mobil

Setelah Anda memeriksa mesin kendaraan, segera nyalakan mobil Second yang Anda cari. Nyalakan mobil setidaknya selama lima menit. Ketika mobil Second dinyalakan, segera periksa kondisi knalpot kendaraan. Jika mobil Second yang Anda inginkan adalah mesin diesel tetapi mengeluarkan asap, maka akan lebih baik jika Anda tidak membeli mobil.

Periksa suara kendaraan

Ketika menyala, Anda juga harus mendengarkan dengan seksama suara deru kendaraan. Jika Anda mendengar sedikit suara aneh, maka jangan ragu untuk menanyakan kondisinya kepada dealer atau orang yang menjualnya.

Periksa kondisi mobil sambil berjalan

Coba periksa kondisi ketika mobil berjalan. Ini dilakukan untuk mengecek ada tidaknya masalah di mobil yang orang awam tahu meski orang awam bukan teknisi mobil.

Rajin bertanya

Ini adalah kondisi yang telah menjadi hal biasa dan merupakan hal yang lumrah bagi pembeli untuk rajin bertanya tentang kondisi mobil Second yang ditargetkan kepada penjual. Karena itu, jangan pernah merasa malu bertanya pada penjual tentang kondisi mobil yang Anda targetkan sampai Anda puas dengan jawabannya.

Periksa dokumen kendaraan

Sebelum Anda mencapai kesepakatan dengan penjual, jangan pernah lupa untuk memeriksa dan memeriksa semua kelengkapan surat kendaraan mobil Second yang Anda inginkan, mulai dari pendaftaran kendaraan. BPKB, faktur pembelian (asli) dan dokumen lainnya. Selanjutnya, konfirmasikan dengan Polisi tentang plat nomor, yang bertujuan untuk memastikan bahwa mobil Second tidak dicuri.

Itulah beberapa tips untuk membeli mobil Second yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.