Mengupayakan kesehatan diri sendiri dan keluarga merupakan sebuah kewajiban. Kesehatan yang menjadi harta sekaligus modal terbaik yang akan membuat manusia bisa menikmati kehidupan. Salah satu cara mengupayakan kesehatan adalah dengan tak enggan memeriksakan diri dan keluarga ke dokter jika sedang sakit. Dokter umum merupakan tujuan pertama untuk memeriksakan diri apalagi bagi Anda yang belum tahu diagnosa penyakit yang dimiliki. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, pasti tak akan kesulitan untuk menemukan praktek dokter umum karena ada banyak sekali dokter umum di Jakarta. Namun bagi Anda di Jakarta barat, berikut ini adalah tips untuk memilih dokter umum di Jakarta Barat agar mendapatkan yang terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Berikut ini adalah beberapa poin pemilihan dalam menentukan dokter umum mana yang sebaiknya dijadikan tempat berkonsultasi atau dipakai sebagai dokter keluarga:

  • Pengalaman praktek.

Pilihlah dokter umum yang telah memiliki pengalaman praktek mengobati pasien lebih lama sehingga sudah memiliki banyak pengalaman mendiagnosa gejala penyakit. Meski begitu tak selalu dokter dengan banyak pengalaman lebih pintar atau lebih baik dalam melayani pasien.

  • Jumlah pasien.

Memilih dokter berdasarkan jumlah pasiennya juga bisa Anda lakukan. Semakin banyak jumlah pasien berarti dokter tersebut dipercaya oleh banyak orang untuk mengobati yang juga berarti dokter tersebut telah memberikan kepuasan kepada pasiennya. Namun semakin banyak jumlah pasien berarti semakin banyak jumlah antrian yang mesti Anda tunggu.

  • Lokasi.

Semakin dekat dengan rumah tentu Anda akan semakin cepat untuk sampai ke tempat praktek dokter tersebut. Meski sebuah kelebihan namun tak ada salahnya juga untuk berobat ke dokter umum yang memiliki tempat praktek lebih jauh untuk memilih yang lebih baik.

  • Fasilitas.

Tempat praktek dokter yang nyaman dengan ruang tunggu yang luas dan memiliki televisi akan lebih disukai terutama untuk anak-anak. Selain di tempat praktek rumah, Anda juga bisa memilih klinik yang memiliki dokter umum karena di klinik sudah terdapat sarana farmasi sehingga Anda bisa langsung menebus resep.

  • Pelayanan.

Seorang pasien bukan hanya butuh diperiksa namun terkadang juga butuh didengarkan mengenai gejalanya dengan sabar terutama pasien anak-anak yang mungkin belum bisa bercerita dengan baik. Seorang dokter yang Anda pilih untuk memeriksa anak Anda sebaiknya memiliki kesabaran dan pelayanan yang baik agar dapat dipercaya oleh si kecil sehingga tidak menolak apalagi berontak ketika akan mendapatkan pengobatan.

  • Lulusan.

Beberapa masyarakat memilih dokter dari lulusan kampus mana dokter tersebut berasal. Hal ini disebabkan karena kualitas pendidikan satu universitas dengan lainnya berbeda-beda dan untuk masalah kesehatan diri dan keluarga memang tak salah dalam memilih yang memiliki kualitas terbaik.

  • Biaya.

Meski biaya periksa ke dokter telah memiliki standar, namun satu praktek dokter dan lainnya bisa memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan biaya pengobatan. Anda juga bisa memilih dokter umum sesuai dengan tarif yang diberikan.

Dengan mempertimbangkan point tersebut di atas, Anda akan bisa memilih dokter umum di Jakarta Barat yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Sesuaikan pilihan tersebut dengan fasilitas kesehatan yang Anda miliki. Misalnya bagi pengguna BPJS Kesehatan mandiri bisa menyesuaikan pemilihan dokter umum dan menetapkannya sebagai keluarga. sedangkan untuk pengguna asuransi kesehatan, lebih baik langsung menuju dokter umum rumah sakit atau klinik yang bekerja sama sehingga dapat menggunakan fasilitas cash less.