Tips Menjadi Fotografer Profesional

  • Whatsapp
Fotografer Profesional

Apakah kamu sedang bingung mengenai makna dari berbagai istilah yang ada di pengambilan gambar atau degan kata lain fotografi, misalnya seperti exposure compensation atau kompensasi pencahayaan, shutter speed atau kecepatan rana, aperture atau bukaan diafragma, ISO speed atau kecepatan ISO, white balance?  Kamu jangan khawatir serial yang saya sajikan mengenai Dasar dari l Kamera akan membatu kamu ke setiap konsep dasar fotografi yang sangat penting ini. Kamu juga bukan hanya akan mengenal kamera dengan lebih baik, akan tetapi juga memahami lebih baik tentang bagaimana mengatasi mode dan pengaturan kamera agar mendapatkan bidikan yang mengagumkan, dan mengesankan. Berikut dasar dari pengenalan kamera untuk kamu yang baru belajar jadi fotografer.

Dasar Kamera ke 1 Aperture

Hal pertama yang harus kamu perhatikan pada saat mengambil foto dengan kamera digital yaitu efek pada aperture di gambar kamu. Terus bagaimana hasil perubahan dari foto akhir bergantung juga pada aperture-nya ya! Apakah nantinya dilebarkan atau disempitkan? Pada artikel ini, saya juga akan memberikan pelajaran bagaimana efek dari beragam aperture dapat mengenai depth-of-field dengan cara membandingkan beberapa contoh, serta mempelajari tentang konsep f-stop.

Dasar Kamera ke 2 Kecepatan Rana

Kemudian dasar yang kedua adalah pada saat memotret, pastinya kamu ingin memahami tentang kecepatan dari rana dan juga efeknya yang bagus di dalam foto yang kamu ambil. Nantinya efek semacam apakah yang bisa kamu ciptakan pada kecepatan rana yang lebih pesat ataupun lebih lambat? Kamu juga dapat melihat secara cermat efek dari kecepatan rana yang berbeda-beda dengan bantuan.

DasarKamera ke 3 Pencahayaan

selanjutnya dasar yang ke tiga adalah pencahayaan, merupakan salah satu faktor penting dan paling utama yang bisa membuat gambar yang dihasilkan bagus atau jelek nantinya. Kemudian saya akan bicara tentang bagaimana kita bisa memanfaatkan pencahayaan dengan sangat baik untuk mendapatkan hasil terbaik dari suatu bidikan.

Dasar Kamera 4 Exposure Compensation

Dasar yang ke empat adalah Exposure compensation atau Kompensasi pencahayaan merupakan suatu fungsi yang bisa kamu gunakan untuk mengubah pencahayaan yang ditetapkan pada kamera atau dengan kata lain kamera sudah menentukan pencahayaan yang tepat, ini juga menjadi sesuatu yang merupakan preferensi kamu sendiri. Di sini, kita juga akan mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi ini, sembaei belajar cara mengenali subjek yang memerlukan kompensasi pencahayaan negatif atau positif.

Dasar Kamera ke 5 Kecepatan ISO

Seterusnya adalah kecepatan ISO yang memiliki peran yang sama pentingnya juga seperti kecepatan aperture dan juga shutter mengenai efeknya di dalam pencahayaan. Untuk itu mari kita belajar lebih lanjut mengenai keuntungan dan kerugian meningkatkan kecepatan ISO pada hasil jepretan.

Dasar Kamera ke 6 White Balance

Yang terakhir adalah White balance merupakan fitur yang memastikan, bahwa warna putih dapat direproduksi secara akurat, apapun jenis kondisi pencahayaan pada  saat foto itu ditangkap. Dalam tingkat yang paling dasar, yakni hal yang umum untuk menggunakan settingan Auto White Balance. Akan tetapi, settingan ini tidak menjadi solusi yang sesuai untuk semuanya. Karena untuk pengaturan white balance yang paling sesuai dengan sumber pencahayaan, adalah kamu bisa pilih salah satu pengaturan preset white balance pada kamera.

Jika ingin menjadi seorang fotografer yang handal memang tidak mudah kelihatan banyak settingan pada kamera yang harus kita tahu, maka dari itu dari pada ambil pusing karena pengen hasil gambar bagus, ada solusi lainnya yaitu menggunakan jasa fotografer dari studio pelangi, dengan menggunakan jasa ini kamu tidak perlu khawatir dengan hasilnya karena sudah pasti fotografer yang dimilikinya juga sudah berpengalaman dan kamu akan bisa mendapatkan hasil foto yang ciamik.

Related posts